5 Pengertian Kerja Sama Menurut Ahli

,

Definisi Kerja Sama

Apa yang dimaksud dengan kerja sama/cooperation? Pengertian Kerja sama adalah sebuah usaha bersama yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai sebuah tujuan yang telah disepakati. Manusia merupakan makhluk sosial, hal tersebut merupakan faktor yang memaksa adanya kerja sama antarmanusia dengan manusia lainnya. Kerja sama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kesadaran sama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Definisi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian Kerja Sama menurut para ahli:

1. Charles H. Cooley

Seorang ahli bernama Charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.

2. Rosen

Menurut Rosen, pengertian kerjasama adalah sumber yang dianggap sangat efisien untuk kualitas pelayanan terutama dalam konteks kerjasama bidang ekonomi khususnya jual beli.

3. Thomson dan Perry

Menurut Thomson dan Perry, pengertian kerjasama adalah kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai terjadinya kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.

4. Tangkilisan

Menurut Tangkilisan, pengertian kerjasama adalah sumber kekuatan yang muncul dalam sebuah organisasi sehingga bisa mempengaruhi keputusan juga tindakan organisasi.

5.Pamudji

Menurut Pamudji, pengertian kerja sama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa unsur utama kerja sama ada tiga yakni adanya individu individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama.

Baca juga:  10 Definisi Nilai dalam Pendidikan Nilai

Dalam Dunia Bisnis

Menurut Business Dictionary, pengertian kerja sama adalah pengaturan kemitraan saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh dua bidang usaha atau lebih. Kerja sama ini menjadi hal yang menguntungkan karena beberapa permasalahan menjadi lebih ringan. Selain itu, kerjasama tidak hanya soal mencari dana saja. Beberapa pebisnis lebih suka menjalin relasi yang menguntungkan dengan sesama kompetitor.

Source: sarjanapendidikan

Jika diibaratkan website adalah rumah, maka kami sebagai tuan rumah menawarkan kepada teman-teman untuk mengunjungi halaman depan. Mungkin saja dengan mengunjungi halaman depan rumah kami, teman-teman bisa tertarik dan berminat untuk berkunjung kembali di lain waktu. Mari sini Nasucha id. Terima kasih.

1 Share 1.000 Love

Rahasia

Nasucha

Seorang yang sedang belajar untuk menjadi pemerhati "pendidikan anak". Khususnya anak kita nanti. UvU
Rahasia

Tinggalkan komentar