5 Vitamin dan Zat Gizi untuk Cegah Virus Corona, Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

, ,

NASUCHA.ID – Ada beberapa vitamin dan zat gizi untuk cegah virus corona atau Covid-19, yang dapat dimanfaatkan sebagai penambah daya tahan tubuh.

Saat ini, untuk melawan pandemi virus corona atau Covid-19 satu dari beberapa cara yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengutip The Conversation, untuk mencegah virus corona atau Covid-19 dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

5 Vitamin dan Zat Gizi untuk Cegah Virus Corona
Ilustrasi 5 Vitamin dan Zat Gizi untuk Cegah Virus Corona

Penelitian menunjukkan peningkatan gizi membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

Zat gizi mikro penting untuk melawan infeksi termasuk vitamin A, B, C, D, dan E, dan mineral besi, selenium, dan seng.

Vitamin dan Zat Gizi Cegah Virus Corona

Berikut daftar vitamin penambah daya tahan tubuh untuk cegah virus corona (Covid-19):

1. Vitamin A

Vitamin A menjaga struktur sel di kulit, saluran pernapasan, dan usus.

Vitamin A dapat menjadi penghalang garis depan untuk daya tahan tubuh.

Jika diibaratkan permainan sepak bola, vitamin A akan berada di garis paling depan saat menghadapi infeksi.

Selain itu, tubuh membuhkan vitamin A untuk membantu membuat antibodi yang menetralisir patogen penyebab infeksi.

Vitamin A dapat ditemukan dalam ikan berminyak, kuning telur, keju, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Selain itu, sayuran mengandung beta-karoten, yang dapat dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A.

Beta-karoten ditemukan dalam sayuran hijau dan sayuran kuning dan oranye seperti labu dan wortel.

2. Vitamin B

Vitamin B, khususnya B6, B9, dan B12, berkontribusi pada respons pertama tubuh Anda setelah diketahui sebagai patogen.

Mereka melakukan ini dengan memengaruhi produksi dan aktivitas sel ‘pembunuh alami’.

Sel pembunuh alami bekerja dengan menyebabkan sel yang terinfeksi mati, suatu proses yang disebut apoptosis.

Vitamin B6 ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, buah, kacang-kacangan, ikan, ayam, dan daging.

Baca juga:  7 Cara Memperbaiki Google Keyboard GBoard Berhenti Tiba-tiba (Error)

Sementara vitamin B9 (folat) sangat banyak dikandung sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Selanjutnya, vitamin B12 (cyanocobalamin) ditemukan dalam produk hewani, termasuk telur, daging dan susu, dan juga dalam susu kedelai yang diperkaya (periksa panel informasi nutrisi).

3. Vitamin C dan E

Ketika tubuh Anda melawan infeksi, akan mengalami apa yang disebut stres oksidatif.

Stres oksidatif menyebabkan radikal bebas dapat menembus dinding sel, menyebabkan isinya bocor ke jaringan dan memperburuk peradangan.

Vitamin C dan E membantu melindungi sel dari stres oksidatif.

Vitamin C juga membantu membersihkan kekacauan dengan memproduksi sel-sel khusus untuk meningkatkan respons imun, termasuk neutrofil, limfosit, dan fagosit.

Sumber vitamin C yang baik termasuk jeruk, lemon, limau, beri, buah kiwi, brokoli, tomat, dan capsicum.

Vitamin E ditemukan dalam kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan minyak sayur.

4. Vitamin D

Beberapa sel kekebalan membutuhkan vitamin D untuk membantu menghancurkan patogen yang menyebabkan infeksi.

Meski paparan sinar matahari memungkinkan tubuh memproduksi vitamin D, sumber makanan termasuk telur, ikan, dan beberapa merek susu dan margarin dapat diperkaya dengan Vitamin D dalam tubuh.

Sebuah tinjauan terhadap 25 studi menemukan bahwa suplemen vitamin D dapat membantu melindungi terhadap infeksi pernapasan akut.

Baca: Jahe dan Kunyit Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Tapi Tetap Seimbangkan dengan Istirahat

5. Besi, Seng, dan Selenium

Tubuh membutuhkan zat besi, seng, dan selenium untuk pertumbuhan sel kekebalan tubuh, di antara fungsi-fungsi lainnya.

Besi membantu membunuh patogen dengan meningkatkan jumlah radikal bebas yang dapat menghancurkannya.

Ini juga mengatur reaksi enzim yang penting bagi sel kekebalan untuk mengenali dan menargetkan patogen.

Seng membantu menjaga integritas kulit dan selaput lendir.

Seng dan selenium juga bertindak sebagai antioksidan, membantu memperbaiki beberapa kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Zat besi dapat ditemukan dalam daging, ayam, dan ikan.

Baca juga:  Cara Menghindari Petir atau Kilat, Ada 7 Langkah, Kenali Juga Pengertiannya

Selain itu, zat besi juga bisa didapat dari sumber-sumber vegetarian termasuk kacang-kacangan, serealia utuh dan sereal sarapan yang diperkaya zat besi.

Sementara Seng dapat ditemukan dalam tiram dan makanan laut lainnya, daging, ayam, kacang kering dan kacang-kacangan.

Selain itu, Seng juga dapat dijumpai di kacang-kacangan (terutama kacang Brazil), daging, sereal dan jamur adalah sumber makanan selenium yang baik.

Meski kenyataannya saat ini beberapa supermarket kehabisan produk-produk tertentu.

Namun sebisa mungkin harus berfokus pada makanan untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Perlu diingat bahwa tidak semua suplemen vitamin dan mineral direkomendasikan untuk umum, ada beberapa pengecualian.

Wanita hamil, beberapa orang dengan kondisi kesehatan kronis, dan orang-orang dengan kondisi yang berarti mereka tidak dapat makan dengan benar atau menjalani diet yang sangat ketat, mungkin memerlukan suplemen spesifik.

Bicaralah dengan dokter, Ahli Diet Praktisi Terakreditasi atau apoteker.

Di luar diet, ada langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil untuk tetap sehat di hadapan coronavirus.

Satu cara menghindari virus corona yang harus dilakukan adalah berhentilah merokok.

Berhenti merokok dapat meningkatkan kemampuan paru-paru dalam melawan infeksi.

Selain itu, lakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan cepat.

Selanjutnya, tidur cukup, jaga jarak sosial, dan cuci tangan dengan sabun secara teratur.

Semoga bermanfaat, salam Nasucha.id.

1 Share = 1.000 Love

Rahasia

Tinggalkan komentar