Proses Amandemen UUD 1945 | Dinamika UUD

, ,

Dewasa ini masih banyak yang belum paham bagaimana alur atau langkah yang ditempuh saat terjadinya proses Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 (Konstitusi). Faktor utama terjadinya amandemen UUD karena adanya tuntutan reformasi. Hal ini penting diketahui, khususnya dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Amandemen

Jika kita kaji dari kamus besar bahasa Indonesia, Amandemen merupakan bentuk tidak baku dari kata Amendemen. Menurut KBBI Amandemen adalah (1) usul perubahan undang-undang yang dibicarakan dalam Dewan Perwakilan Rakyat dan sebagainya. (2) Penambahan pada bagian yang sudah ada. (lihat kbbi)

Secara umum, pengertian amendemen adalah adalah perubahan resmi dokumen resmi atau catatan tertentu, terutama untuk memperbagusnya. Perubahan ini dapat berupa penambahan, atau juga penghapusan catatan yang salah atau tidak sesuai lagi. Istilah amendemen umumnya digunakan untuk merujuk kepada perubahan pada perundang-undangan sebuah negara (amendemen konstitusional).

Konstitusional merupakan prinsip-prinsip dasar politik serta hukum yang mencangkup struktur, prosedur, serta kewenangan/hak serta kewajiban. Konstitusional sangat berhubungan erat dengan amendemen karena bertujuan untuk memperbaiki suatu catatan/dokumen penting suatu negara yang mencangkup bentuk, struktur, prosedur, agar lebih baik dari sebelumnya. Selain itu amendemen juga dilakukan guna menyesuaikan isi dari dokumen resmi terhadap perkembangan zaman.

Alur Proses Amendemen

Tentunya proses amendemen yang akan dibahas di sini adalah alur perubahan Undang-Undang Dasar 1945 yang merupakan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Alasan UUD 1945 Diamendemen

Alur awal proses Amandemen UUD 1945 karena adanya tuntutan reformasi mengenai keinginan untuk adanya perubahan UUD 1945, penghapusan dwi fungsi ABRI, penegakan hukum dan HAM, pemberantasan KKN, dan terciptanya otonomi daerah.

Baca juga:  Sifat Konstitusi Menurut Astim Riyanto, K.C. Wheare, dan Stroong

Sebelum Amendemen

Sebelum amandemen, Undang-Undang Dasar 1945 berisi meliputi pembukaan, batang tubuh (16 bab, 37 pasal, 49 ayat, 4 aturan peralihan dan 2 AT), dan penjelasan.

Latar belakang amandemen meliputi kekuasaan tertinggi di MPR, Eksekutif Heavy, pasal banyak yang multi tafsir, adanya kewenangan presiden untuk mengatur hal penting dalam UU dan UUD 1945, serta memiliki khusnudzon (pemikiran baik) yang berlebihan.

Tujuan Amendemen

Adapun tujuan dari amandemen UUD 1945 (Konstitusi) yaitu untuk menyempurnakan aturan dasar tentang tatanan negara, kedaulatan rakyat, penegakan HAM, pembagian kekuasaan, memperhatikan kesejahteraan sosial, dan mewujudkan eksistensi negara hukum dan demokrasi.

Dasar Amendemen UUD 1945

Dasar yuridis (hukum) dari amandemen UUD 1945 meliputi pasal 3 dan 37 UUD 1945, TAP MPR nomor IX/MPR/1999, TAP MPR no. IX/MPR/2000, dan TAP MPR nomor XI/MPR/2001.

Selain itu terdapat juga kesepakatan dasar dalam proses amandemen UUD 1945, meliputi Tidak mengubah pembukaan UUD 1945, tetap mempertahankan NKRI, mempertegas sistem presidensiil, memasukan materi penjelasan dalam pasal-pasal, dan perubahan dilakukan dengan “Adendum”. (lihat: adendum)

Proses Amandemen UUD 1945

Dalam kurun waktu 1999-2002, UUD 1945 mengalami 4 kali perubahan (amendemen) yang ditetapkan dalam Sidang Umum (SU) dan Sidang Tahunan (ST) MPR. Terdapat 4 kali masa sidang MPR dalam amandemen UUD 1945 yang sering disebut dengan amandemen pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

Dalam masa sidang menghasilkan SU MPR tahun 1999 amandemen pertama tanggal 14-21 Oktokber 1999.

ST MPR Tahun 2000 dalam amandemen kedua tanggal 7-8 Agustus 2000.

ST MPR Tahun 2001 pada amandemen ketiga tanggal 1-9 November 2001.

ST MPR th 2002 pada tanggal 1-11 Agustus 2002 (amandemen keempat).

Hasil dari amendemen UUD 1945 meliputi pembukaan dan pasal-pasal berjumlah 21 bab, 73 pasal, 170 ayat, 3 pasal AP (aturan peralihan), dan 2 pasal AT (aturan tambahan).

Baca juga:  Ciri-Ciri Konstitusi Bersifat Rigid Beserta Penjelasannya

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat bagan di bawah ini.

Alur proses Amandemen UUD 1945

Sumber: mata kuliah Dinamika UUD 1945

 

1 Share 1.000 Love

Rahasia

Nasucha

Seorang yang sedang belajar untuk menjadi pemerhati "pendidikan anak". Khususnya anak kita nanti. UvU
Rahasia

Tinggalkan komentar