Apakah Siput Memiliki Gigi?

Nasucha.id – Apakah siput memiliki gigi? merupakan suatu teka-teki yang tidak sedikit dipebincangkan.

Menurut KBBI, siput adalah binatang moluska, kulitnya berbentuk spiral, banyak macamnya, hidup di darat, di laut, dan dalam air tawar, dagingnya dapat dimakan.

Dikutip dari nhm.org, siput telah berevolusi untuk memakan apa saja.

Mereka adalah herbivora, karnivora, omnivora, dan detritivor (memakan limbah yang membusuk dari tumbuhan dan hewan lain).

Ada spesies spesialis dan generalis yang memakan cacing, tumbuh-tumbuhan, tumbuhan busuk, kotoran hewan, jamur, dan siput lainnya.

Apakah Siput Memiliki Gigi?

Dikutip dari sciencefocus.com, siput memiliki gigi.

Jumlahnya di antara 1.000 dan 12.000, namun, gigi siput sangat berbeda dengan gigi putih mutiara di mulut.

“Kebanyakan spesies siput memiliki lidah yang mirip dengan kita, kecuali lidah mereka ditutupi deretan gigi kecil,” jelas Dr Gordon Port, dosen senior di Universitas Newcastle.

“Seekor siput akan menggunakan lidahnya yang bergigi – disebut radula – hampir seperti kikir, mengikis bagian lembut makanannya saat makan. Gigi mereka biasanya menjadi aus karena tindakan ini, jadi mereka diganti secara teratur.”

Baca juga:  Nama Organ Gerak Ular dan Fungsinya

Ada juga beberapa variasi radula.

Spesies seperti siput kerucut yang banyak ditemukan di perairan hangat dan tropis, memiliki radula berbisa yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa sebelum makan.

Siput juga memiliki radula, yang juga dilengkapi dengan ribuan gigi kecil.

Beberapa siput predator, seperti siput Welsh ghost, memiliki radula dengan gigi setajam silet – masing-masing sepanjang sekitar setengah milimeter – yang digunakan untuk membunuh dan memakan cacing tanah.

Previous

Apa saja manfaat gotong royong?

Jawaban Jazakallah Khoiron dalam Latin

Next

Tinggalkan komentar