10 Definisi Nilai dalam Pendidikan Nilai

10 Definisi nilai – Berikut kami akan mencoba memaparkan beberapa definisi nilai dalam pendidikan nilai.

Beberapa Definisi Nilai dalam Pendidikan Nilai

Ralp Perry menyebutkan nilai adalah ‘Value as any object of any interest‘ yang berarti bahwa nilai sebagai suatu objek dari suatu minat individu.

 

John Dewey menyebutkan bahwa nilai yaitu “……value is any object of social interest” yang berarti bahwa sesuatu bernilai apabila disukai dan dibenarkan oleh sekelompok manusia (sosial). Dalam hal ini Dewey mengutamakan kesepakatan sosial (masyarakat, antar manusia, termasuk negara).

 

Nilai menurut Kupperman adalah patokan normatif yang mempengaruhi manusia dalam menentukan pilihannya di antara cara-cara tindakan alternatif.

 

Nilai Menurut Gordon Allport adalah keyakinan yang membuat seseorang bertindak atas dasar pilihannya.

 

Hans Jonas berpendapat bahwa nilai adalah alamat dari sebuah kata “Ya”.

 

Kluckhohn menyebutkan bahwa nilai adalah konsepsi dari apa yang diinginkan, yang memperngaruhi pilihan terhadap cara, tujuan antara dan tujuan akhir tindakan.

 

Nilai menurut Mulyana nilai merupakan rujukan dan keyakinan dalam menentukan pilihan.

 

Menurut Purwodarminto, nilai dapat diartikan dalam 5 hal. Lima hal itu adalah: harga dalam taksiran, harga sesuatu, angka kepandaian, kadar/mutu dan sifat-sifat yang penting.

 

Agus Prasetyo, S.Pd, M.Pd (dosen Fkip Pkn UMS)  nilai adalah sesuatu yang penting, baik dan berharga. Dalam nilai terkandung sesuatu yang ideal, harapan yang dicita-citakan untuk kebajikan. Menilai berarti menimbang, suatu kegiatan menghubungkan sesuatu dengan yang lain dan kemudian mengambil keputusan.

 

Sidi Gazalba mengartikan nilai dengan sesuatu yang bersifat abstrak dan ideal.

 

1 Share 1.000 Love

Rahasia

Nasucha

Seorang yang sedang belajar untuk menjadi pemerhati "pendidikan anak". Khususnya anak kita nanti. UvU
Rahasia

Tinggalkan komentar