Isi Sumpah Intel menurut UU Nomor 17 Tahun 2011 Tentang Intelijen Negara

Nasucha.id – Berikut ini isi sumpah intel sebelum diangkat sebagai Personel Intelijen Negara berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2011.

Pada pasal 19 ayat 1 UU itu tertulis sebelum diangkat sebagai Personel Intelijen Negara, setiap calon Personel Intelijen Negara wajib mengucapkan sumpah atau janji Intelijen Negara sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Sumpah Intel Negara

Sumpah atau janji Intelijen Negara sebagaimana pasal 19 ayat 2 yakni berbunyi sebagai berikut:

“Demi Allah saya bersumpah atau saya berjanji:

Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bahwa saya akan menjunjung tinggi hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum.

Bahwa saya akan menjalankan tugas dan wewenang dalam jabatan saya dengan sungguh-sungguh, saksama, objektif, berani, dan profesional.

Bahwa saya akan menjunjung tinggi Kode Etik Intelijen Negara di setiap tempat, waktu, dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

Bahwa saya pantang menyerah dalam menjalankan segala tugas dan kewajiban jabatan.

Baca juga:  Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila-sila Pancasila, Sila 1 hingga 5

Bahwa saya akan memegang teguh segala rahasia Intelijen Negara dalam keadaan bagaimanapun juga”.

Intelijen

Intelijen adalah pengetahuan, organisasi, dan kegiatan yang terkait dengan perumusan kebijakan, strategi nasional, dan pengambilan keputusan berdasarkan analisis dari informasi dan fakta yang terkumpul melalui metode kerja untuk pendeteksian dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan setiap ancaman terhadap keamanan nasional.

Intelijen Negara adalah penyelenggara Intelijen yang merupakan bagian integral dari sistem keamanan nasional yang memiliki wewenang untuk menyelenggarakan fungsi dan kegiatan Intelijen Negara.

Personel Intelijen Negara adalah warga negara Indonesia yang memiliki kemampuan khusus Intelijen dan mengabdikan diri dalam dinas Intelijen Negara.

Download UU Nomor 17 Tahun 2011 Tentang Intelijen Negara

Admin
Previous

Sikap Badan saat Akan Menolak Peluru dalam Tolak Peluru

Link Nonton Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021

Next

Tinggalkan komentar