ISTILAH PERBANDINGAN KONSTITUSI | Materi Perbandingan Konstitusi

ISTILAH PERBANDINGAN KONSTITUSI

Nasucha id – Jika kita membahas mengenai Perbandingan Konstitusi pastinya kita akan membahas juga mengenai ISTILAH PERBANDINGAN KONSTITUSI dimana didalamnya merupakan suatu dasar untuk kita mempelajari Perbandingan Konstitusi.

ISTILAH PERBANDINGAN KONSTITUSI

Sama halnya dengan Hukum Konstitusi, Perbandingan Konstitusi, Perbandingan Hukum Konstitusi atau juga ada yang mengistilahkan dengan Hukum Konstitusi perbandingan adalah salah satu cabang dari hukum.
Perbandingan Hukum adalah satu metode perbandingan yang diterapkan pada ilmu hokum, pada macam-macam mata kuliah hokum. Perbandingan hokum bukanlah satu ilmu pengetahuan akan tetapi perbandingan hokum hanyalah suatu metode kerja yang berupa perbandingan. Dikatakan bahwa perbandingan hokum bukanlah cabang dari hukum, dan juga bukan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri.
Adapun perbandingan hukum dapat dibedakan dalam 2 jenis :
1. Perbandingan hokum yang menggambarkan , yaitu suatu analisa terhadap perbedaan-perbedaan yang ada dari dua atau lebih sistem hukum
2. Perbandingan hokum terapan, yaitu bahwa analisa yang dilakukan kemudian diikuti dengan menyusun satu sintesa dengan tujuan untuk memecahkan satu masalah.
Sebagai contoh dapat diketengahkan tentang konstitusi Indonesia dan konstitusi Amerika Serikat. Dengan demikian dalam perbandingan hokum konstitusi, jelas bahwa yang menjadi objek dari ilmu pengetahuan ini adalah konstitusi suatu Negara. Perbandingan konstitusi atau perbandingan hokum konstitusi, atau juga sering dikenal dengan hokum konstitusi perbandingan, apa pun istilah yang dipakai dari ketiga istilah tersebut merupakan suatu metode yang mengadakan perbandingan diantara dua konstitusi atau lebih (baik dalam pengertian internal maupun eksternal, untuk mencari persamaan, perbedaan, maupun implikasi hukumnya bagi sitem ketatanegaraan suatu Negara.
Secara teoritis, kegunaan mempelajari perbandingan konstitusi adalah membuka cakrawala teoritik dari hasil perbandingan tersebut untuk pengembangan teori konstitusi khusisnya, dan ilmu hokum (hokum tatanegara pada umumnya). Sedangkan secara praktik, perbandingan konstitusi akan banyak memberikan manfaat bagi para praktis hokum yang terlibat dalam penelitian dan pembentukan hokum (hokum konstitusi) dan masyarakat konstitusional di Negara-negara yang beradab.
Mungkin itu sedikit pembahasan mengenai ISTILAH PERBANDINGAN KONSTITUSI dalam materi Perbandingan Konstitusi. Agar kita dapat menguasai tentang materi Perbandingan Konstitusi alangkah baiknya anda lengkapi referensi pembelajaran Perbandingan konstitusi dengan artikel lainnya yang relevan seperti Ruang lingkup kajian perbandingan konstitusi serta Metode perbandingan konstitusi dan yang terakhir materi yang membahas tentang Contoh Konstitusi yang Diperbandingkan.
Dengan anda mempelajari ke-empat pembahasan mengenai Perbandingan Konstitusi tersebut diharapkan seminimal mungkin anda dapat menguasai materi Perbandingan Konstitusi.
Mungkin hanya itu dalam pembahasan Perbandingan Konstitusi semoga dapat menambah pengetahuan anda. Terimakasih.

1 Share 1.000 Love

Rahasia

Nasucha

Seorang yang sedang belajar untuk menjadi pemerhati "pendidikan anak". Khususnya anak kita nanti. UvU
Rahasia

Tinggalkan komentar