Model/Strategi Pembelajaran Aktif (Hisyam Zaini, 2009)

, ,

Nasucha id – Model/STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (Hisyam Zaini, 2009) dalam Coretan ini memuat sedikitnya 55 macam yang kami kutip dari Buku.

Model/Strategi Pembelajaran Aktif (edited by Drs. Djumadi, M.Kes)

Betapa pentingnya model/srategi pembelajaran aktif dalam suatu Pembelajaran. Model/srategi pembelajaran aktif itu diadakan guna membuat suasana belajar lebih hidup, atau bisa disebut pembelajaran yang menekankan pada siswa agar aktif. strategi pembelajaran ada dua macam, yaitu strategi pembelajaran Aktif dan strategi Pembelajaran Pasif.

Namun saya disini akan menyebutkan beberapa strategi pembelajaran Aktif. Karna sekarang Bukan jamannya Strategi pembelajaran Pasif, atau bisa di sebut Guru sebagai segalanya di kelas.

Namun sekarang ini yg terpenting itu Strategi Pembelajaran Aktif, dimana Semua Siswa diwajibkan Untuk aktif dalam kegiatan Belajar, sedang Guru hanya sebagai Fasilitator. Dengan pembelajaran aktif diyakinkan bahwa siswa dapat mendapatkan suatu materi dengan maksimal. dengan strategi pembelajaran aktif ini diharapkan siswa tidak bosan dalam kegiatan belajar.

Model/strategi pembelajan aktif dalam Kurikulum 2013

Khususnya dalam implementasi kurikulum 2013 atau sering disebut sebagai K13, guru/fasilator dituntun untuk menghidupkan kelas. Dalam artian, pembelajaran harus dapat mengaktifkan siswa. Karena memang dalam kurikulum 2013 kekreativitasan siswa menjadi salah satu hal yang harus ada dalam penilaian. Untuk mengembangkan kreativitas siswa, salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan strategi pembelajaran aktif.

Bagaimana caranya membuat pembelajaran aktif? Jika teman-teman perhatikan buku pegangan resmi dari pemerintah (sangat terlihat dalam buku-buku tematik SD), di dalamnya telah mengandung pembelajaran aktif. Apabila guru (pengajar) dalam mengajar sudah sesuai dengan apa yang ada dalam buku pegangan tersebut, secara tidak langsung telah melaksanakan pembelajaran aktif.

Baca juga:  15 Strategi/Model Pembelajaran Aktif | Bagian 5

Hal tersebut dapat terlihat dalam tugas-tugas yang ada dalam buku tersebut. Tugas-tugas tersebut sudah menuntut siswa untuk berdiskusi, mengamati, membuat, merangkai, dan mengasosiasi. Secara tidak langsung siswa telah dituntut untuk aktif.

Banyak macam model/strategi pembelajaran aktif yang dapat guru terapkan. Bahkan bisa juga membuatnya sendiri. Namun untuk yang masih bingung, tenang saja. Kami akan mencoba memaparkan sedikitnya 55 macam strategi/model pembelajaran aktif yang kami bagi ke dalam lima artikel khusus.

Macam Model/Strategi Pembelajaran Aktif

Berikut ke-55 macam model/strategi pembelajaran aktif yang kami bagi dalam 5 artikel. Pembahasan mengenai masing-masing dilengkapi dengan langkah-langkahnya. Sehingga sangat memudahkan teman-teman dalam pelaksanaannya. Berikut model/strategi pembelajaran aktif yang dibahas dalam masing-masing bagian.

Bagian 1

Critical Incident, Prediction Guide, Teks Acak, Reading Guide, Group Resume, Prediksi kawan, Assesment Search, Questions Students Have, Instant Assesment, dan Active Knowledge Sharing.

(Click here)

Bagian 2

True or False, Benar Salah Berantai, Inquiring Minds Want to Know, Listening Teams, Guided Note Taking, Synergetic Teaching, Guided Teaching, Active Debate, Point-counterpoint, dan Reading Alaound.

(Click here)

Bagian 3

Learning starts with A questions, Plantet Questions, Information Search, Card Sort, The Power of Two, Team Quiz, Jigsaw Learning, Snow Balling, Everyone is a Teacher Here, dan Peer Lessons.

(Click here)

Bagian 4

Learning contract, Index card match, Giving question and getting answers, Crossword puzzle, Physical self assessment, Keep on learning, Modling the way, Billboard Ranking, Silent demonstration, dan Practice – rehearsal pairs.

(Click here)

Bagian 5

Lightening the learning climate, Bermain jawaban, The Learning Cell, Role Playing, Group Investigation, Talking Stick, Bertukar Pasangan, Snawball Throwing, Facilitator And Explaining, Demonstration, Explicit Intruction, Cooperative Integrated Reading And Composition, Inside-Outside-Circle, Tebak Kata, dan Word Square.

(Click here)

Baca juga:  10 Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Bagian 1

Penutup

Dari masing-masing jenis model/strategi pembelajaran aktif tersebut telah kita lengkapi dengan langkah-langkah penerapannya. Alasan pembuatan dalam 5 bagian artikel karena untuk memudahkan teman-teman dalam memahami masing-masing strategi tersebut.

Sebagai seorang guru yang profesional tentunya tidak sulit untuk menerapkan berbagai macam strategi/model pembelajaran tersebut. Selain itu, dalam mengajar juga akan terasa lebih menyenangkan karena tidak monoton. Selain untuk mengajar, artikel ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pedoman dalam penyusunan RPP. Tinggal teman-teman modifikasi sedikit agar sesuai dengan materi dan mata pelajaran yang dibawakan.

Mungkin cukup. Apabila teman-teman memiliki alternatif lain bisa langsung infokan. Tentunya melalui bilik komentar ya. Atau jika masih ada yang bingung bisa kita diskusikan di bilik komentar juga. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 Share 1.000 Love

Rahasia

Nasucha

Seorang yang sedang belajar untuk menjadi pemerhati "pendidikan anak". Khususnya anak kita nanti. UvU
Rahasia

2 pemikiran pada “Model/Strategi Pembelajaran Aktif (Hisyam Zaini, 2009)”

  1. Jasa Pembuatan Media Pembelajaran, Game Edukasi, Animasi, Kuis, Presentasi, Template & Source Code Flash/Android
    PSC Indonesia | WA. 0815 797 4549 | BBM. 7585807C

  2. Mohon bantuan nya. Saya lagi cari buku referensi tentang strategi pembelajaran card sprt. Minta info nya, judul bukunya apa?

Tinggalkan komentar