Pengertian Agresivitas (Sejarah munculnya Agresi)

| |

Nasucha id, Sejarah munculnya Agresi dan pengertian agresivitas – Menurut Berkowitz sebagaimana dikutip oleh Saworno dan Meinarno (2009), agresi merupakan tindakan melukai yang disengaja oleh seseorang atau institusi terhadap orang atau institusi lain yang sejatinya disengaja.

Pengertian Agresivitas (Sejarah munculnya Agresi)

Pemicu yang umum dari agresi adalah ketika seseorang mengalami satu kondisi emosi tertentu, yang sering terlihat adalah emosi marah. Perasaan marah berlanjut pada keinginan untuk melampiaskannya dalam satu bentuk tertentu pada objek tertentu. marah merupakan sebuah pernyataan yang disimpulkan dari perasaan yang ditunjukkan yang sering disertai dengan konflik atau frustasi.

Sejarah agresi dapat dilihat dalam kisah kitab-kitab suci, bahwa awalnya dunia tidak mengenal kekerasan.sampai pada satu ketika kedua anak dari Nabi Adam berselisih paham. Perselisihan ini berlanjut hingga terjadilah peristiwa pembunihan Habil oleh Qobil. Walaupun kisah ini tidak ilmiah, setidaknya hal ini merupakan catatan tertua dalam sejarah kekerasan manusia. Kasus tersebut menunjukkan terjadinya agresivitas, sebuah tindakan yang merugikan bahkan sampai menghilangkan nyawa manusia.

Baca juga:  Perspektif Agresi : Biologi, Psikodinamika, dan Pembelajaran

Sumber: Sarwono, Sarlito W dan Meinarno Eko A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Pengertian Agresivitas (Sejarah munculnya Agresi) 1
Rahasia
Previous

Contoh Instrumen Penelitian dalam PTK (Penulisan)

6 Penyebab Agresi pada Manusia

Next

Tinggalkan komentar